Sejarah Pulau Kubur Di Bandar Lampung

Sejarah Pulau Kubur Di Bandar Lampung
Posted by Orchid Media
Sejarah Pulau Kubur Di Bandar Lampung

Tabikpun.id - Konon, dahulu kala sebelum kawasan Bandar Lampung dipadati penduduk seperti saat ini, pulau-pulau kecil yang tersebar dalam bentangan garis pesisir Teluk Lampung itu telah memilik fungsi sebagai bagian dari aktivitas kehidupan masyarakat nelayan. 

Pulau Kubur konon dahulunya dijadikan tempat pembuangan mayat saat masa penjajahan Jepang. Bahkan sebagian besar  penduduk yang tinggal di kawasan pesisir, Gudang Lelang dan Teluk Betung Selatan memberikan larangan untuk tandang ke Pulau Kubur karena suasana angker dan kerap terjadi hal-hal mistis didalamnya. 

Sejarah Pulau Kubur Di Bandar Lampung

Dulu memang kawasan ini sepi penghuni. Tak ada kehidupan. Bahkan sering ada suara suara wanita menangis yang diyakini sebagai mahluk halus, urai Fahmi – salah satu penjaga Pulau Kubur yang kini beralih nama menjadi Pulau Permata.

Jadi, bila dulu kawasan Pulau Kubur terlarang untuk didatangi karena angker, tidaklah sepenuhnya benar. Meski hal-hal mistis disinyalir kerap terjadi. Tetapi penamaan Pulau Kubur sejak dahulu tersebut bukan tanpa alasan.Selain jadi tempat pembuangan mayat tanpa identitas, kawasan Pulau Kubur dulunya juga jadi tempat pembuangan abu dalam ritual tionghua.

KUBURAN TANPA IDENTITAS SEPANJANG 2 METER

Yang paling nyata, di Pulau Kubur yang kini bernama Pulau Permata tersebut memang terdapat Kuburan yang hingga kini masih belum diketahui identitasnya. 

Satu berada diatas bukit, satunya di bibir pantai dekat ayunan, Meski medan tempuh untuk melihat kuburan yang konon panjangnya 2 meter tersebut tidaklah mudah, tapi rekan-rekan jika ingin bisa melihat kondisi makam secara langsung. 

MAKAM KECIL PINGGIR PANTAI

Di Pantai Kubur rekan rekan bisa melihat langsung makam yang panjangnya 2 meter tersebut, dari makam tersebut kalian bisa menyaksikan langsung bentuk kuburan yang menjadi alasan masyarakat dahulu memberi  nama pulau dengan nama Pulau Kubur.

Sejarah Pulau Kubur Di Bandar Lampung

Selain itu ada sebuah kuburan kecil yang letaknya tak jauh dari posisi ayunan. Tepatnya di bibir pantai dengan bentuk makam berupa undakan bebatuan,sekilas terlihat bagai bentuk batu karang. 

Sejarah Pulau Kubur Di Bandar Lampung

Tapi bila diperhatikan secara seksama akan terlihat berupa makam kecil,posisi ayunan yang sengaja dibuat berdekatan pun seolah memberi fasilitas bermain bagi arwah kecil yang ada dalam makam kecil tersebut (mungkin). Imajinasi saya kemudian berpendar keawan-awan.  Hhhmm… skip!!. 


Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Related Posts

Komentar

Posting Komentar
Loading comments...